“dedicatio for humanitate”

Bandung, 19 Agustus 2010

Hari ini tepat berkenaan dengan World Humanitarian Day 2010, dimana semua orang yang terlibat sebagai pekerja kemanusian merayakanya, kemungkinan besar untuk mengingatkan kembali tujuan dari pekerjaan-pekerjaan yang di lakukan oleh kita semua. Coba lihat video di link di bawah ini yang cukup menarik di tonton untuk mengenalkan apa, dimana dan siapa saja yang menjadi pekerja kemanusiaan.
world humanitarian day 2010

Tepat di hari ini saya berkesempatan di undang kembali oleh FK-UNPAD untuk berbicara ke para mahasiswa baru FK-UNPAD 2010, mengenai beberapa pilihan pekerjaan yang bias di pilih oleh para dokter. saya bersama Ahmad Faried MD PhD, teman seperjuangan sewaktu kuliah yang sekarang sudah menjadi Scientist ahli Stem Cell, dan Prof. DR. David Sontani, dr SPBP (K) dokter spesialis bedah plastik, guru besar di Unair yang juga lulusan UNPAD.

Saya sendiri menceritakan mengenai pekerjaan saya yaitu sebagai pekerja kemanusiaan dan juga seorang social entrepreneur, sedangkan Faried bercerita mengenai Pekerjaan nya sebagai Peneliti yang sudah mendunia dengan puluhan bahkan ratusan jurnal internasionalnya, sedangkan tentunya Prof David berbicara sebagai seorang dokter ahli bedah plastik dan juga guru besar di Unair.

Dari berbagai cerita ada beberapa kesamaan dari kami bertiga, pertama kami bertiga jadi dokter karena tidak masuk pilihan pertama dan juga karena keinginan orang tua, kami bertiga suka main band, tukang main dan jalan-jalan sehingga lulusnya lama lebih dari yang biasanya dan yang paling utama adalah kami bertiga adalah anggota Atlas Medical Pioneer FK UNPAD, organisasi pecinta alam yang ada di FK UNPAD.

Maksud tujuan kita bertiga berbicara yaitu memberikan wawasan mengenai pilihan pekerjaan yang bisa di lakukan oleh dokter, dan selain itu juga mengingatkan kembali bahwa profesi dokter adalah profesi yang tujuannya untuk kemanusiaan. Seperti yang tercantum dalam Sumpah Dokter.

Mudah-mudahan apa yang kami bertiga sampaikan bisa bermanfaat bagi calon-calon dokter masa depan, agar bisa lebih baik dari kami bertiga sekarang dalam menjalankan tugas berat kami mendedikasikan hidup untuk kemanusiaan seperti yang telah kami ucapkan dalam sumpah kami

“Dedicatio for Humanitate” adalah slogan dari profesi dokter yang telah di perkenalkan ke saya sejak saya masuk kuliah dan selalu di ingatkan oleh para guru guru saya sewaktu kuliah dan mudah-mudah tetap bisa dijalankan sampai akhir nanti.

Iklan

Tentang drjack_gustiana

a social entrepreneur, humanitarian worker, dive master, adventurer and medical doctor
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke “dedicatio for humanitate”

  1. Ancilla Irwan berkata:

    waaah, sekarang nulis blog jugaaaaa…. 🙂

    happy world humanitarian day!

  2. Adi Sunardy berkata:

    Udah saatnya punya domain sendiri Jack! i.e http://ridwan-gustiana.net 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s