Cruising to Mosso Island, Efate

Hi Guys

Weekend pertama saya disini saya habiskan dengan berlayar ke pulau kecil bernama pulau mosso dengan kapal Phinisi kemudian Diving dan juga snorkelling. Sebenarnya tidak ada rencana karena badan masih terasa tepar dari perjalanan panjang dan juga karena perbedaan waktu 4 jam antara Jakarta dan Port Vila. Namun saya tidak kuat godaan apalagi di goda untuk Diving dan Snorkelling oleh teman di kantor. so akhirnya weekend pertama saya di Vanuatu saya berangkat cruising, diving snorkelling, menghabiskan waktu di laut.

So hari Sabtu tanggal 7 Feb kita berangkat dari Port Vila di jemput crew dari Congoola Dive Cruise sekitar Jam 8 pagi. Perjalanan ke pantai dimana Kapal Congoola bertambat sekitar 30-45 menit saja dari Port Vila, kita berangkat sekitar 7-8 orang waktu itu memakai bis dan sampai sekitar jam 9an lah. Beruntung sekali waktu itu cuaca lagi bagus banget, it was very calm sea so it looks like a giant pool. Kita di jemput dengan perahu kecil untuk naik ke perahu layar Congoola.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Setelah kita naik semua ke kapal semua, kita di brief security and then having breakfast. setelah sedikit persiapan akhirnya kita pun cruising ke Pulau Moso menuju ke Tranquality Dive Center untuk persiapan diving dan melihat Turtles Sanctuary. ini sebenarnya bukan pengalaman pertamak kali karena saya pernah ikut dengan trip ini bersama keluarga tahun lalu, ketika keluarga saya disini. the sea was very calm, gak ada ombak sekalipun dan sangat cerah. It was beautiful scenery as you can see it from the pictures below:

Setelah cruising selama hampir sejam akhirnya sampai di Dive Center dan segera menyiapkan peralatan diving. Kita berpisah sementara dengan teman-teman yang tidak diving memakai dive boat menuju dive site ditemani sama seorang dive guide lokal. Hanya 6 orang saja yang ikut ke dive boat 5 orang akan diving dan satu orang mau free diving. Perjalanan sekitar sejam ke dive site dan menyelam sekitar 50 menit saja. Dive site nya menurut saya biasa saja, meskipun hampir semua orang yang diving bilang bagus banget. Wajar saya bilang biasa saja karena saya belajar diving di Wakatobi dan menghabiskan waktu hampir tiga tahun disana. Wakatobi is the most diverse dive site in the world jadi standard dive site saya cukup tinggi. But anyway, finish diving kita kembali bergabung dengan teman-teman yang di kapal phinisi dan makan siang di pantai. Sebenarnya saya bawa underwater kamera waktu diving, tapi sampai saat ini masih ada di kamera, jadi nanti saja ya upload photonya ya.

Setelah makan siang, kita menghabiskan waktu di pantai sambil bersantai. Setelah itu Crew Congoola menawarkan kita untuk snorkelling ke site snorkelling mereka. Sebenarnya saya pengennya diam saja di pantai karena sepertinya saya ada sedikit masalah dengan telinga saya kemungkinan akibat descent terlalu cepat waktu diving. Tapi karena hampir semua teman-teman saya ikut saya pun ikut snorkelling. Masuk ke air pertama kali saya coba untuk free diving, dan ternyata memang benar saya ada masalah dengan telinga tengah saya, sepertinya terkena barotrauma telinga tengah (mengenai ini saya udah pernah bahas di posting sebelumnya). So I just spending 10 minutes snorkelling without any attempt to do free diving as usual and then back to the boat. Setelah semua orang kembali ke boat kita pun naik lagi ke Congoola ship untuk cruising kembali ke Harbour dimana perahu ini bertambat dan setelah itu driving back to Port Vila. it was a good fun, even though it is bit tiring for me. Suring cruising back I took a video to show you how beautiful the scenery was. just please be mind with my face since I took it with selfie stick :p

See ya in next posting guys, promise you I write more about my work not only make you jealous with the beauty of the sea here. :p

Tentang drjack_gustiana

a social entrepreneur, humanitarian worker, dive master, adventurer and medical doctor
Pos ini dipublikasikan di Travel. Tandai permalink.