Volunteer Cafe – a place to share ideas and support volunteerism and social activism

Setelah menunggu lebih dari 7 bulan, akhirnya project baru saya bersama tim di Rumah Solusi officially launched. Sebuah project untuk meneruskan mimpi sebelumnya dimana saya ingin mempunyai sebuah tempat yang bisa digunakan untuk berkumpul para penggiat sosial, para relawan dan anggota-anggota komunitas yang aktif menyebarkan issue-issue positif di masyarakat. Selain itu juga tempat tersebut bisa dipakai oleh teman teman dan keluarga bersantai menikmati beragam hidangan makanan dan minuman atau mungkin duduk santai menikmati segelas kopi. Setelah 5 tahun membuat sebuah warung kopi di pojokan kantor, saya akhirnya memberanikan diri untuk mengambil peluang ketika disuguhkan sebuah tempat yang dulu sempat menjadi sebuah ikon Cafe di Bandung.

Untuk menjalankan project ini, saya yang minim pengalaman dalam menjalankan bisnis kuliner pastinya harus mencari partner yang sudah punya pengalaman dan juga mempunyai visi yang sama. Buat saya menjalankan bisnis bukan semata untuk mencari uang atau kekayaan, namun sebuah bisnis harus bisa bermanfaat untuk orang lain. Tidak mudah mencarinya tentunya dan seperti mencari partner hidup memang jodoh2an. Dari sekian banyak akhirnya saya ngobrol nyambung salah satunya dengan Ceu Devi Oktaviani, temen SMA yang sejujurnya baru benar benar kenal 3-4 tahun belakangan, karena kita dulu beda kelas hahaha.

Bertempat di Ciburial atau di daerah Dago atas, orang Bandung yang seumuran dengan saya pasti kenal dengan café bernama Calista. Pernah menjadi pioneer dan ikon café di Bandung yang digandrungi anak anak muda karena lokasinya yang nyaman dan sejuk dengan view pemandangan Bandung dibawahnya yang memang membuat damai dan juga romantis. Teman teman yang seangkatan dengan saya pasti banyak cerita dengan café ini. Sempat berganti-ganti nama, saya dan teman teman di Rumah Solusi di awal tahun 2017 mengambil tempat ini untuk dijadikan kantor, sambil merencanakan beberapa project baru, salah satunya pembuatan Café.

Café ini sepakat berikan nama Volunteer Cafe sesuai dengan visinya yaitu ingin menjadikan tempat ini menjadi sebuah tempat berkumpulnya para penggiat sosial dan komunitas seperti yang saya cita-citakan. Selain tempat berkumpul saya juga memang mendedikasikan Cafe ini untuk ikut mendukung kegiatan kegiatan yang dilakukan para komunitas tersebut secara pendanaan.

 

Setelah hampir 20 tahun aktif di berbagai organisasi sosial termasuk organisasi di kampus, mendirikan sebuah NGO yang bergerak dalam response bencana dan pemberdayaan masyarakat, aktif di berbagai komunitas dan forum serta dari pengalaman mendirikan sebuah social entreprise, saya paham sekali bahwa penggalangan dana untuk kegiatan kegiatan sosial memang tidaklah mudah. Organisasi sosial atau komunitas komunitas dengan berbagai background memang banyak menggantungkan diri dari dana sumbangan dari publik atau dari para anggota nya itu sendiri. Sebagian menggalang dana dengan penjualan merchandise atau pembuatan proposal. Untuk mendirikan sebuah bisnis yang berkelanjutan dalam mendukung kegiatan-kegiatan mereka tentunya tidak mudah, selain terkendala permodalan juga banyak komunitas memang sibuk dengan kegiatan mereka sendiri dalam menjalankan visi dan misi organisasi atau komunitas itu sendiri.

Terus bagaimana skemanya café ini dalam mendukung kegiatan kegiatan yang di lakukan oleh berbagai komunitas atau organisasi social? tentunya yang paling mudah salah satunya dengan sharing profit dari penjualan makanan dan minuman di café ini. Selain sharing profit, saya dan teman teman di Rumah Solusi, sebuah social enterprise yang menaungi café in juga akan memfasilitasi sharing knowledge, experience dan skills antar komunitas terkait berbagai issue volunteerism, career, hobbies, dan berbagai issue positif lainnya.

Di tempat ini juga saya ingin membangun kolaborasi antara komunitas yang jadi beneficaries atau penerima manfaat dari Café ini. Karena saya yakin banyak sekali sumber inspirasi, skills, knowledge yang dipunyai para penggiat bisa dishare diantara para anggota berbagai komunitas yang ada di Bandung dan juga ke publik. Berbagi melalui chatting, gathering, meeting atau just sharing idea di Café Volunteer sesuai tagline dari Café ini.

Salah satu program yang akan dijalankan yaitu program “eating is sharing”. Sesuai dengan namanya program ini akan mendonasikan sebagian keuntungan dari hasil penjualan ke komunitas komunitas yang terdaftar di Café ini. Program ini memfasilitasi anggota komunitas yang tedaftar untuk mendapatkan discount khusus untuk makan dan minum di Café Volunteer. Selain discount, manajemen Café akan juga memfasilitasi membernya untuk mendonasikan sebagian pembayaran yang di berikan ke Café ke komunitas mereka sendiri secara langsung. Dengan begitu anggota komunitas mendapatkan dua manfaat, satu discount khusus dan kedua secara langsung menyumbang ke organisasi/komunitas tempat dia bernaung.

Beberapa program lainnya juga insya allah akan dijalankan untuk menjadikan tempat ini menjadi tempat dimana semangat berbagi bisa menghangatkan suasana bandung yang sejuk. From coffee chat conversation into a real action satu tagline yang percaya bisa di wujudkan bila kita bersungguh-sungguh untuk mewujudkan nya.

Yuk kita ngobrol ngobrol, kumpul kumpul dan berbagi ide positif. Chatting, gathering and sharing di tempat kami dan bertemu teman teman para penggiat sosial kemanusiaan dan komunitas-komunitas yang menyebarkan semangat positif di Bandung dan sekitarnya.

Alamatnya : Jl Bukit Pakar Timur IV Kav B-1 Dago Bandung

https://goo.gl/maps/wj1NLR2yi1v

BTW : Coba yang punya cerita jaman waktu Café ini masih bernama Café Calista tunjuk tangan hehehehe…!!

this post originally posted in my facebook account, I reposted here so I can always go back as reminder for a start of a new journey and commitment

Iklan

Tentang drjack_gustiana

a social entrepreneur, humanitarian worker, dive master, adventurer and medical doctor
Pos ini dipublikasikan di Socialpreneurship. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s